PROBOLINGGO, DetikNusantara.co.id – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur terus memperkuat pelayanan publik dan transparansi melalui program unggulan “Polantas Menyapa”.
Inisiatif yang bertujuan mendekatkan petugas kepolisian kepada masyarakat ini, kini sudah merambah hingga Kantor Bersama Samsat Kraksaan.
Menurut Kasatlantas AKP Safiq Jundhira Z., yang disampaikan melalui Kanit Regident Samsat Kraksaan, Iptu Naufal Arya, program ini merupakan pengembangan dari kegiatan yang sudah berjalan sebelumnya.
“Anggota Satlantas sudah mengawali kegiatan yang sama berupa program ‘Tanya Saya’ yang sudah berjalan. Namun, program ‘Polantas Menyapa’ ini memiliki fokus yang lebih besar, yaitu lebih mendekatkan Polantas kepada masyarakat, terutama Wajib Pajak di Kantor Bersama Samsat Kraksaan,” jelas Iptu Naufal Arya.
Diharapkan, dengan kehadiran langsung petugas di tengah Wajib Pajak, masyarakat akan mendapatkan informasi yang lebih detail dan akurat mengenai seluruh komponen biaya yang dikeluarkan saat pengurusan kendaraan. Informasi ini mencakup rincian biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari masing-masing kendaraan yang dimiliki.
Hal ini sejalan dengan komitmen kepolisian untuk mewujudkan pelayanan yang transparan dan bebas dari pungutan liar.
Respon positif datang dari masyarakat. Syamsul, seorang Wajib Pajak dari Kecamatan Krucil, mengungkapkan apresiasinya setelah mendapatkan pelayanan di Samsat Kraksaan. “Terima kasih. Pelayanan Samsat Kraksaan cepat dan sesuai jumlah yang dibayarkan, sesuai bukti Notis Pajak maupun Kwitansi pembayaran PNBP,” ujarnya.
Program “Polantas Menyapa” ini menjadi bukti nyata keseriusan Ditlantas Polda Jatim dalam meningkatkan kualitas layanan dan membangun kepercayaan publik melalui komunikasi dan edukasi yang humanis, sehingga setiap Wajib Pajak merasa nyaman dan yakin bahwa dana yang mereka bayarkan dikelola secara transparan dan akuntabel.

 
 
							











